Selasa, 26 Februari 2019

Pertemuan 2

Metodologi Riset Kelompok AC
Universitas Budiluhur
Pertemuan 2
Pengantar Penelitian



Mengapa Melakukan Penelitian?
  • Salah satu alasan kenapa adanya penelitian yaitu karena adanya masalah. Yang biasanya timbul karena sudah menjadi masalah umum dan dalam waktu lama selalu dibiarkan. Maka dengan adanya peneltian, masalah tersebut akan menjadi pokok pembahasan dan akan ditemukan jalan keluar untuk menanganinya.
  • Penelitian dilakukan karena adanya masalah penelitian, dimana masalah penelitian sendiri muncul karena ada latar belakang masalah
  • Penelitian dilakukan secara terencana, terstruktur, sistematis, berulang-ulang dan terukur
  • Penelitian harus mempunyai orisinalitas tanpa ada plagiarisme, kejadian paling buruk yaitu plagiat data riset yang bisa menyebabkan kesalahpahaman dan mengakibatkan data tidak update.



Research atau Riset jika diterjemahkan dalam bahasa inggris:
  • Re (Kembali)
  • To Search (Mencari)
Jika diistilahkan yaitu menjadi: Proses yang dilakukan untuk menelusuri atau meng-eksplor hal baru yang belum diketahui dan mempelajari hal-hal yang rumit, berkembang dengan ilmu pengetahuan yang baru dan menghasilkan satu hal yang bisa menyelesaikan masalah itu.



Tujuan Penelitian
Penelitian bergantung dengan aktivitas yang dilakukan dan ditujukan untuk memecahkan masalah serta untuk mempermudah para pelaku pengguna dan mejadikan kontribusi.

Bentuk Kontribusi Penelitian
kegiatan investigasi terhadap suatu masalah yang dilakukan secara berulang-ulang dan sistematis, dengan tujuan untuk menemukan atau merevisi teori, fakta, dan aplikasi.

Beberapa Kesalahan Pemahaman
  • Pembuatan software tidak wajib dan bukan tujuan dari penelitian. Bisa dalam bentuk lain contohnya rangkaian-rangkaian jaringan baru yang terdapat dalam kantor atau sistem penunjang keputusan untuk beberapa perusahaan
  • Jika ada kontribusi ke masyarakat itu tidak dimasukan kedalam tujuan, tapi ke manfaat penelitian


Dosen Pembimbing : Dr. Indra, S.Kom., M.T.I
Nim    : 1711502334Nama : Daffa Eka Nadindra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar